RESOURCES > ARTICLES


Monday 26.05.2008
Manajemen Amarah

Arrrrrgghh! Pernah merasa emosi setengah mati di kantor sampai ingin sekali menghajar wajah bos Anda? Atau ingin sekali menjambak rambut rekan sekerja yang begitu menjengkelkannya? Kesal, marah,sebal atau apapun bentuknya yang merupakan hasil dari emosi yang ingin meluap kadang susah dihindari di kantor.

Mengontrol emosi, di mana pun adalah hal yang tidak mudah. Apalagi di kantor, dengan setumpuk pekerjaan, pressure yang berlebihan, dead line yang ketat dan bos yang hanya bisa mendelegasikan pekerjaan sementara dia sendiri mungkin cuma ongkang-ongkang tunggu hasil. Kesal? Sebal tapi tidak bisa apa-apa? Wah..sabar-sabar..
Mungkin sudah waktunya Anda belajar menghandle emosi dan meredakannya tanpa mengakibatkan hal negatif pada karir Anda. Dari pada setiap saat Anda merasa tertekan karena emosi yang memuncak dan dijuluki si 'Bad Mood Selalu' oleh rekan-rekan di kantor, beberapa tips di bawah bisa jadi jalan keluar alternatifnya..

1. Priitt! Time Out!
Beri waktu untuk diri sendiri agar tenang kembali. Jika anda berada dalam situasi dimana emosi anda hampir terpancing, tinggalkan situasi tersebut, misalnya minta ijin tinggalkan rapat, ambilah udara segar, jalan-jalan ke ruangan lain atau menemui seorang teman di lantai lain. Tapi ingat, lakukanlah dengan tenang. Kesempatan ini adalah waktu bagi anda untuk meredakan emosi. Anda akan merasa jauh lebih baik dan dapat mengatasi apapun yang membuat anda marah.

2. Buat 'pagar' emosi
Marah-marah di kantor, apalagi dengan kalimat yang kasar dan menyakitkan, tidak dapat ditolerir. Bukan saja hal ini menujukan lemahnya kontrol diri, juga merupakan petunjuk ketidakdewasaan anda dalam mengontrol emosi. Cobalah ambil napas dalam karena oksigen ekstra akan membuat anda segar dan santai dan juga memperlambat aliran adrenalin .

3. Hindari kekerasan fisik
Ingin reputasi rusak dan promosi batal? Atau malah ingin mendengar kata, "Anda dipecat!" di telinga Anda? Silakan saja dorong, pukul atau lakukan kekerasan fisik lainnya. Ini benar-benar bukan sebuah solusi, karena malah akan membuat masalah semakin besar.

4. Perlakuan orang lain adalah cermin perlakuan Anda
Satu pepatah bijak yang bisa diterapkan untuk menghindari emosi terhadap orang lain. Orang lain yang menerima perlakuan Anda dengan penuh respek, dengan sendirinya akan memperlakukan anda dengan hal serupa.



« View all articles


Sangkakala News